Teknologi dari China

GambarDulu waktu ane masih di sekolah dasar ada hadits Nabi Muhammad yang mengatakan bahwa tuntutlah ilmu waloupun sampai ke negeri China. Dari hadits tersebut menjadi bukti bahwa dari dulu negara china yang kebanyakan punya mata sipit mempunyai cara yang tidak bisa dimiliki oleh negara lain, apalagi Indonesia.

Ane sadar bahwa segala produk dari yang terkecil berbentuk mainan harga Rp. 50 sampai dengan produk harga ratusan juta negara china yang menguasai. Ane gak bisa ngebayangin gimana tuh caranya negara china khususnya orang-orang china di sana membuat barang yang menurut kita gak penting di sana malah begitu penting. ente bisa liat tuh sekedar mobil-mobilan ukuran mini bertuliskan made in china. Orang Indonesia gak kepikiran tuh bikin kaya mobil-mobilan tadi.

Nah sekarang ane ngerti kenapa tuh ada hadits nabi suruh belajar sampai kenegeri China sekalipun. Menurut saya karena mereka (orang-orang China) beranggapan bahwa jangan berputus asa membuat sesuatu yang menurut orang lain tidak ada artinya. Luar biasa tuh walaupun tidak ada artinya buat kita mungkin bagi anak kecil di sukai.

Bisa gak ya ane untuk mendapatkan ilmu dari negeri china yang begitu hebat. Hebat dalam membuat produk, hebat dalam meniru produk, hebat dalam strategi jual beli, hebat dalam memakmurkan rakyatnya. ? itu yang perlu kita pelajari di negeri china.

Posted on 19 November 2013, in Blog, Pengetahuan Umum and tagged , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

