Memperbaiki File .LNK (shortcut)

Membuka file atau program paling mudah memang menggunakan shortcut alias file .lnk, File tersebut berguna sebagai link atau penghubung dengan file asli dari program atau data ente sehingga tidak perlu mencari file data atau program anda tersebut di mana. Di tampilan desktop ente juga bisa temui icon shortcut yang ada tanda panah di bawah iconnya. Itu beberapa penjelasan tentang file .LNK atau shortcut.

Kale ini ane akan mencoba memberikan trik bagaimana memperbaiki file .LNK atau shortcut yang ada di komputer ente seperti di desktop, list start program atau di dalam folder ente. Nah kasus yang terjadi di sini adalah file lnk yang iconnya berubah tidak sesuai default program. Seluruh shortcut menjadi satu program seperti windows media center atau program yang lain, pertama kale ane temui kasus tersebut memang membingungkan. Setiap kali klik 2X file lnk atau shortcut akan terbuka secara default adalah windows media center.

 

Kemungkinan kasus tersebut adalah hasil dari virus VB yang merubah program default dari file lnk. Akan tetapi program asli dari file shortcut tidak hilang dan hanya mengubah link dari program tersebut ke windows media center atau yang lain. Ente bisa mencoba dengan cara klik kanan file lnk / shortcut tersebut selanjutnya masuk ke properties dan di situ ada tab shortcut, klik open file location. Setelah ente klik maka komputer akan menuju tempat dimana program aslinya dari shortcut tersebut berada.

Berikut cara memperbaiki file lnk yang berubah semua menjadi icon windows media center atau program lain yaitu :

Pertama, jalankan regedit, yaitu klik start windows, pilih run. Ketikkan regedit, kemudian klik HKEY_CURRENT_USER – Software – Microsoft – Windows – CurrentVersion – Explorer – FileExts – .lnk. Hapus folder OpenID.

Kedua, Restart komputer ente setelah folder OpenID yang terdapat di regedit tersebut di atas di hapus.

Ketua, nikmati komputer ente yang sudah normal kembali.

Ada juga file file exe hanya bisa di buka di windows media player  dan berhasil di perbaiki. Cukup dulu deh postingan hari ini, semoga bermanfaat.

Posted on 20 Desember 2012, in Software, Tips dan Trik, Tutorial and tagged , , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: