Review Install Windows 8 consumer preview

Beberapa hari ini ane sedang menikmati windows terbaru yang kemaren download. Memang dalam hal tampilan windows terbaru dari microsoft yaitu windows 8 semakin luar biasa saja, bisa dilihat dari tampilan awal dari windows 8 yang begitu dominan dengan bentuk kotak-kotak yang berwarna-warni. Dari tampilan tersebut ane sangat puas walopun pake laptop acer standar.

Oh iya setelah ente semua download windows8 nya nanti dari microsoft akan memberi windows 8 key dari windows8 yang ente unduh jadi jangan sampai windows 8 key tersebut lupa atau ilang, nanti repot waktu penginstalannya. File windows 8 installer berbentuk file ISO cukup besar sekitar 2,3 GB dan setelah instal di hardisk hanya kurang lebih 3,2 GB jadi kebalikan angka dari file windows installer.

 

Dari pertama install seperti biasa tampilannya masih dominan dengan windows 7 hanya warna retro terlihat sekali yaitu berwarna biru keabu-abuan(agak susah nyebutinnya). Langkah-langkah installer seluruhnya sama tidak ada yang berbeda. Di sini ane untuk installer menggunakan USB, karena lebih praktis dan kalo dibandingkan dengan media CD atau DVD USB lebih cepat transfer datanya.

Ente semua yang masih bingung cara install windows 8 consumer preview silahkanente ke blog sebelah yaitu di Panduan Instal Windows 8 Consumer Preview Lengkap Dengan Gambar / blog teknik iT pokoknya cukup mudah kok gak sesulit yang ente bayangkan. Jangan khawatir terjadi masalah di windows sebelumnya yang sudah terinstall di komputer ente yang penting kalo pengen uji coba ente kudu persiapkan partisi buat windows8 nya.

Membuat partisi semudah membuat potongan kayu (maksutnya gampang banget kok) kalo ente di laptop atau PC sudah terinstal windows7. Mempartisinya menggunakan disk management (ente klik kanan my computer>manage>disk management) selanjutnya tinggal shrink partisi yang masih banyak free space, kalo bisa minimal 10 s.d 20 GB. Kalo sudah di shrink ente format tuh hasil nya jadi Drive baru (silahkan format ya).

Loh kok malah cerita di luar wacana sieh… tapi gak papa namanya juga bagi ilmu pasti ya semua harus di utarakan biar lebih gamblang lah. Oke kembali ke pokok topik, jadi windows 8 consumer preview bebas di pergunakan oleh kalangan manapun tanpa harus bayar alias gratis free-free dan free. Ente pasti seneng yang namanya gratis to?, nah windows 8 consumer preview berlaku sampai 16 Januari 2013 pukul 6:59 ente bisa lihat screen shootnya punya ane ye…

Windows 8 About

Evaluation copy nya cukup lama jadi kalo dihitung ya hampir 8 bulan kita bisa menikmati windows 8 ini. Dengan beberapa fitur yang serba online alias terkoneksi internet windows 8 kalo ane bandingkan kaya punya nya Chrome OS. Jadi ente semua harus mempunyai Akun di Google (misalkan ente pake Chrome OS) sama kalo kita pake Windows 8 OS ini kita harus mempunyai akun di HOTMAIL. Kalo ente blum punya akun di hotmail silahkan klik Hotmail untuk mendaftar akun di hotmail.

Sudah punyai akun di hotmail baru ente install tuh windows 8 consumer previewnya, nanti hasilnya setiap ente menggunakannya ente harus login menggunakan akun hotmail yang ente masukan loh. Nah ini juga menjadi kelemahan bagi windows 8 consumer preview karena komputer lain bisa membaca dan login ke komputer dengan akun hotmail tadi, masalahnya ane sudah mencoba dan komputer lain bisa masuk atau login. Nah kalo misalkan di remote desktop apa jadinya komputer win8 kita!, makanya akun hotmailnya pokoknya di rahasiakan jangan sampai orang lain tau akun yang kita pake di windows 8. (sebuah peringatan ini loh)

Desktop windows 8Versi desktop windows 8 sama seperti halnya windows 7 gak beda jauh. bisa ente lihat pada windows explorernya, namanya juga pengembangan dari windows 7 ya pastinya gak menghilangkan prestasinya di windows 7 lah. kalo menghilangkan pasti para pecinta windows malah protes akibat perombakan yang besar-besaran. heheh becanda kok… !

Kesimpulan ane setelah menginstall windows 8 consumer preview :

Kelebihan :

  1. Tampilan luar biasa asik, serba geser (animasi dan touch screen)
  2. Adanya apps store yang mana memudahkan para pengguna untuk mengunduh aplikasi windows8
  3. Tampilan Retro yang unik dan sederhana
  4. Model full screen
  5. Program yang di jalankan bisa di lihat di sebelah kiri layar dengan mengklik pojok atas layar.
  6. Terkoneksi internet  (Serba online)
  7. Versi desktop seperti windows7 (mudah di pake)
  8. Menggunakan akun hotmail
  9. Driver hardware full installed
  10. Menu start memberikan informasi yang lebih bagi pengguna
  11. Koneksi internet lebih cepat
  12. Lebih ringan menjalankan software desktop
  13. Pokoknya puas deh

Kelemahan :

  1. Akun hotmail bisa di ketahui orang lain (bisa di liat orang kalo koneksi jaringan)
  2. Beberapa software desktop masih telihat kurang cocok di menu start
  3. Laptop ane gak pake touch screen sih jadi pake mouspad lumayan sulit (kagok gitu..)
  4. Harus terkoneksi internet biar lebih fungsional,
  5. yap itu kira-kira lah…

Terima kasih ente semua membaca review ini, semoga bermanfaat. Kunjungi terus blog ane ya di moenyoek.wordpress.com. Biar lebih mantap silahkan ente kasih komen di bawah postingan ini.

Posted on 8 Maret 2012, in Software, Tutorial, windows 8 and tagged , . Bookmark the permalink. 3 Komentar.

  1. bro, kira – kira jika ane download file ISO nya dari situs lain keynya harus dari situs tersebut atau bisa juga key yang udah ane dapat dari microsoft ?

    soalnya lama banget download file ISOnya langsung dari microsoftnya ZZZZZZ,

    sekitar 2,3 GB untuk 32 bit !!!!!!
    😦

  2. Lebih baik download file iso dari microsoft beserta keynya, karena menanggulangi aku yang sama dalam satu file iso. Microsoft sudah menyesuaikan akun ente di file iso. Jadi kalo ente download dari situs lain yang mempunyai key akun orang lain bisa-bisa akun ente di jebol. Windows ente jadi di bajak oleh orang lain. Hati-hati dalam download file iso dari situs lain.

  3. bukan aku tapi akun…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: