Nge flashing Flashdisk Rusak

FlashbootSudah ane utarakan postingan sebelumnya yaitu memperbaiki Flashdisk Adata, dimana flashdisk rusak karena ulah kita sendiri, asal cabut, kena virus, pasang di usb depan CPU atau sebagainya yang menyebabkan eror dan tidak terbaca oleh komputer ente. Ada beberapa solusi buat flashdisk merk lain seperti Kingston, Transcen, Toshiba, merk china, dan lain-lain menggunakan software gratis alias tanpa biaya sepeserpun.

Memang ngeflash itu sendiri adalah mengubah ke awal settingan pabrik pada sebuah chip yang rusak atau terkena virus, atau bisa karena kesalahan pemakaian yang menyebabkan rusak. Nah dari istilah itu ane pengen kasih beberapa trik bagi ente semua yang punya masalah dengan Flashdisk rusak alias matot gak bisa kedetek oleh komputer, di format kagak bisa, dan sebagainya.

Semua flashdisk kalo kita buka kasingnya akan keliatan chip, chip itulah yang menyimpan data-data kita dengan baik. Jadi kalo FD ente gak bisa menyimpan dan sebagainya yang sudah ane sebutkan di atas merupakan akibat dari masalah di chip itu sendiri. Solusinya adalah ngeflash chip flashdisk tadi biar normal kembali.

Software-software buat ngeflash flashdisk bisa ente download di http://flashboot.ru , di situ lumayan banyak software yang bisa ente gunakan sesuai dengan nomor serial dari chip Flashdisk. Situs tersebut memakai bahasa rusia loh, kalo ente udah tau bahasa rusia sih gak papa, tapi kalo belum ente bisa pake translate.google.com selanjutnya tulis tuh alamat situsnya.

Ane sudah mencoba software yang disediakan oleh flashboot.ru dan hasilnya dari 6 buah flashdisk yang rusak, matot alias mati total ada 4 yang bisa ane perbaiki kembali dan normal lagi. Dan bisa buat nyimpen data-data penting yang menurut ane sangat penting. heheheh. Nah kalo ente coba bisa 80 persen dari software yang di sediakan bisa di pergunakan kok. Bisa buat flashdisk merk kingston, transcen, toshiba, atau Adata.

Langkah-langkahnya dalam memperbaiki flashdisk error :

1. Download software ChipGenius_v4_00_0022.exe

2. Jalankan program Chipgenius tadi,

image

3. Masukkan Flashdisk yang akan di perbaiki

4. Baca kode VID, PID dan Chip vendor nya.

image

5. Buka situs http://flashboot.ru , di menu iflash (menu ke 3 di situs tersebut) ketikan vid pid nya, dan klik cari, nanti hasil pencarian akan berada di bawah, lihat dan teliti yang kira-kira vid pid dan chip vendornya sama. Kemudian copy jenis chipnya pada kolom sebalah kanan vid pid.

6. Masih di menu situs flashboot.ru pilih menu yang kedua (ane gak tau artinya), trus paste kan di kotak yang disediakan dan enter. nanti ada beberapa software yang disediakan, silahkan ente cari sesuai dengan chip vid pid dan vendornya.

7. Setelah ente mengikuti prosedur download, maka ente berhasil download. Silahkan jalankan filenya, karena filenya berupa file rar maka perlu di ekstrak terlebih dahulu menggunakan software winrar. Kalo dah di ekstrak tinggal klik 2 kali file exe nya.

image

8. Seperti yang ane gunakan adalah software low level format utility.

image

9. Klik OK, atau Start apabila ada tombol perintah Start. Apabila terjadi Fail, maka software tersebut belum cocok buat flashdisk ente. Silahakan ente coba download lagi sesuai chip FD nya ya.

10. Kalo berhasil maka selanjutnya tinggal di copot flashdisknya trus pasang kembali. dan BERHASIL. nikmati kembali flashdisk ente yang dulunya rusak hehehehhe.

Bagi yang belum berhasil coba terus deh, ane juga masih mencoba terus kok, hehehehe

Semoga artikel ini membantu ente semua dan bermanfaat bagi para pembaca blog https://moenyoek.wordpress.com , kalo belum berhasil mungkin

Posted on 18 Februari 2012, in Software, Tips dan Trik, Tutorial and tagged , , , , , . Bookmark the permalink. 14 Komentar.

  1. thanks gan ..

    mebantu bgd . 😀

    nitip link ya mass.🙂

    walker-7.blogspot.com

  2. oke .. sama-sama bro. silahkan kalo pengen nitip link gak papa… salam kenal.

  3. matabbbbbbbbbb gan…😀

  4. aku punya flash dt310 256GB, kmaren tu sll minta di format, tapi format ndak bisa, akhirnya aku nyoba2 nge flash nya, eeeeh… kok malah jadi 750 MB aja…
    mohon solusinya ya…

  5. oh kemungkinan ente memilih cid dan pid nya untuk flash ukuran 750 MB, memang cid pid sama tetapi untuk flash ukuran yang lain kan masih banyak. coba ente ngeflash lagi dengan type flash sesuai dengan ukurannya. thanks ya dah mampir. ….

  6. ASslmkm.. muantep Pak boss!!!
    bermanfaat bgt. nih jg ada fd gak kdetect bisa jg gak…!!! nitip link softwarena ya! ;D

  7. kk boleh minta dibikinin vidio ya gak?
    cara diatas terlalu ribet.
    plis?

  8. klo yg chip vendornya tdk kedetek gimana gan? apa pke smua bisa
    ni contoh punya ane

    PnP Device ID: VID = 8087 PID = 0020
    Serial Number: 5&&F5B31FB&&0&&1
    Revision: PMAP

    Device Type: Standard USB device – USB2.0 High-Speed

    Chip Vendor: (No match record)
    Chip Part-Number: (No match record)

  9. aduh gagal gan.. pas nyari soetware nya ga ketemu terus padahal udah di coba beberapa kali😥

  10. Wadewwww, pid nya 1234 gak ada yang lebih susah lagi. Hehehehehe….. ane gak janji deh cariin tapi ane coba dulu ya….. hehehehe

  11. jenis chipnya tuh di kolom apa ya gan? di kolom chip model ato memory chip?

  12. hasil chipgenius ane gini soalnya gan

    USB Device ID: VID = 0930 PID = 6545
    Serial Number: 6C626DBED99FEDB010005EC5

    Chip Vendor: Phison
    Chip Part-Number: PS2251-67(PS2267) – F/W 07.08.53 [2012-07-12]
    Flash ID Code: 983AA892 – Toshiba [TLC]

    adakah yang punya software flashingnya ?

  13. gan pas langkah ke 6 kok ane g ketemu ya??
    mohon bantuannya gan…

  14. masukin vid pid ga ada softwarenya tru bagaimana ya?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: