SAKPA SIMAK SPM AFS PERSEDIAAN GPP RKAKL dan DIPA

Stress

Aplikasi yang aku sebutkan sebagai judul postingan ini adalah aplikasi bagi keuangan khususnya perbendaharaan di sebuah instansi negeri. Aplikasi yang tahun demi tahun selalu berubah dan ter update oleh perbendaharaan.go.id. Dengan beberapa aplikasi tersebut sebuah instansi akan berjalan dengan lancar tanpa ada halangan dan pelaporanpun sesuai dengan apa yang di inginkan oleh BPK ataupun Pengawas setara dengan Irjen.

Banyak instansi yang hanya satu pegawai untuk mengelola semua aplikasi tersebut dan rata-rata dari mereka itu adalah non PNS yang nota bene sebagai wiyata bhakti ataupun PTT dengan bayaran yang di terima tidak sesuai dengan kerja mengelola aplikasi tersebut. ini adalah cermin betapa beratnya pegawai non pns untuk memperoleh gaji yang bisa di katakan kurang dengan berat beban kerja. 

Aplikasi tersebut adalah motor penggerak dari keuangan dan pelaporan, jadi kalo salah sedikit saja. instansi tersebut terkena sanski administrasi atau malah terkena pidana. wuih begitu pentingnya aplikasi ini sampai-sampai para pejabat di kalangan wilayah provinsi dan pusat memberikan penghargaan bagi operatornya yaitu ucapan terima kasih.

Pemimpin atau kepala instansi di bawahnya seperti Satuan Kerja malah tidak menghargai sedikitpun kerja keras pemegang aplikasi, ini merupakan contoh beberapa instansi di bawah kementerian di Indonesia. Sanga mendukung sekali apabila kepala instansi memberikan penghargaan berupa bayaran yang pantas dengan pentingnya posisi tersebut atau malah di berikan tunjangan yang lebih besar lagi. Karena selama ini pemerintah hanya memberi tunjangan 75 ribu rupiah per bulan.

Diharapkan para kepala instansi yang menggunakan aplikasi tersebut berpikir betapa pentingnya hal-hal mengenai pelaporan dan keuangan. Jangan cuman memberikan tanda tangan dan memberi perintah ke anakbuahnya tetapi tidak bertanggung jawab semua hal. Dan semoga tahun mendatang atau bulan mendatang yang memegang aplikasi ini adalah orang-orang yang di berikan tunjangan besar atas kerja kerasnya dalam mengurangi kesalah pahaman dalam pelaporan.

Terima kasih, atas saudara telah membaca opini ini dengan seksama.

Posted on 29 November 2011, in Opini and tagged , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: