Nge-Blog dan Sharring Ilmu

Sepintas sejarah blog

Blog telah di kenal sejak tahun 1998 oleh Jorn Barger yang pertama kali memberi nama web blog pada bulan Desember 1997. Karena saking murahnya media web blog ini pada tahun 1999 mulai bermunculan komunitas blog. Kira-kira bulan Agustus 1999 Pyra merilis sebuah situs penyedia blog gratis yang diberi nama Blogger, sampai sekarang masih eksis.(rebeccablood.net)

image Blog sendiri singkatan dari web log adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urut terbalik (isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna Internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut. (Wikipedia.Org)

Keuntungan lain dari Blog

Media blog ini tidak semata-mata sebagai tukar menukar informasi saja, akan tetapi

pembuat blog sendiri akan menerima sebuah pemasukan utama program Adsense. Adsense sendiri adalah posting berbayar, jualan link afiliasi dan lain-lain. Jadi, orang bisa mendapatkan pendapatan dari blog berupa dolar maupun rupiah dari aktifitas ngeblog ini.

Blog sifatnya terbuka untuk umum maka hati-hati dalam mencantumkan tulisan atau posting. Karena tulisan atau informasi kita itu jangan sampai menyinggung pihak lain yang nantinya bisa-bisa terkena UU Teknogi Informasi yang telah diterapkan di Indonesia. Selain itu juga kita tidak diperbolehkan menjiplak tulisan orang lain dan dicantumkan ke blog sendiri tanpa di beri nama sumber informasi yang di dapat. Kita bisa dipenjara akibat tulisan di blog tadi, maka berilah keterangan sumber informasinya.

Sekarang jumlah seluruh blog yang terdapat di internet lebih dari ratusan juta blog. Ada beberapa situs penyedia yang memberikan halaman gratis seperti blogspot.com, wordpress.com, webs.com dan masih banyak lagi. Selalin gratis juga dari situs tersebut memberikan fasilitas yang memudahkan bagi blogger kata lain dari pembuat blog untuk menampilkan web blog lebih menawan sehingga akan menarik perhatian dari netter.

Jenis-jenis blog

  • Blog politik: Tentang berita, politik, aktivis, dan semua persoalan berbasis blog (Seperti kampanye).
  • Blog pribadi: Disebut juga buku harian online yang berisikan tentang pengalaman keseharian seseorang, keluhan, puisi atau syair, gagasan jahat, dan perbincangan teman.
  • Blog bertopik: Blog yang membahas tentang sesuatu, dan fokus pada bahasan tertentu.
  • Blog kesehatan: Lebih spesifik tentang kesehatan. Blog kesehatan kebanyakan berisi tentang keluhan pasien, berita kesehatan terbaru, keterangan-ketarangan tentang kesehatan, dll.
  • Blog sastra: Lebih dikenal sebagai litblog (Literary blog).
  • Blog perjalanan: Fokus pada bahasan cerita perjalanan yang menceritakan keterangan-keterangan tentang perjalanan/traveling.
  • Blog riset: Persoalan tentang akademis seperti berita riset terbaru.
  • Blog hukum: Persoalan tentang hukum atau urusan hukum; disebut juga dengan blawgs (Blog Laws).
  • Blog media: Berfokus pada bahasan kebohongan atau ketidakkonsistensi media massa; biasanya hanya untuk koran atau jaringan televisi
  • Blog agama: Membahas tentang agama
  • Blog pendidikan: Biasanya ditulis oleh pelajar atau guru.
  • Blog kebersamaan: Topik lebih spesifik ditulis oleh kelompok tertentu.
  • Blog petunjuk (directory): Berisi ratusan link halaman website.
  • Blog bisnis: Digunakan oleh pegawai atau wirausahawan untuk kegiatan promosi bisnis mereka
  • Blog pengejawantahan: Fokus tentang objek diluar manusia; seperti anjing
  • Blog pengganggu (spam): Digunakan untuk promosi bisnis affiliate; juga dikenal sebagai splogs (Spam Blog)  —–(wikipedia.org)

Mari Nge-Blog

Isi dari tulisan yang di cantumkan di blog itu terserah si penulis, mau yang pakai bahasa gaul, bahasa sak penake dewe, pokoknya bebas. Tetapi yang penting adalah berilah informasi dengan jelas dan bermanfaat bagi orang lain seperti tulisan yang aku cantumkan di blog moenyoek.wordpress.com adalah memakai bahasa sendiri. Mungkin guru Bahasa Indonesia akan menyalahkan tulisannya, karena tidak memakai EYD.

Tulisan-tulisan boleh berupa pemikiran sendiri atau pemikiran orang lain atau mungkin juga opini-opini tentang kejadian di lingkungan maupun di tempat lain. Misalkan kejadian aneh, kejadian bencana alam, pelajaran yang telah di terima di sekolah, pemecahan sebuah kasus, penemuan sekecil apapun bisa di cantumkan di blog. Karena dengan informasi yang terdapat di blog bisa membantu orang lain dalam memecahkan sebuah atau banyak masalah.

Coba bayangkan kalo di internet tidak ada blog mungkin dunia ini akan banyak sekali pertanyaan-pertanyaan yang susah untuk di jawab. Tetapi dengan blog pertanyaan-pertanyaan itu bisa kita jawab dan kita diskusikan dengan orang lain di dunia tanpa ada batas negara maupun suku. Wah…wah…wah.. luar biasa manfaatnya ya!

Cara bikin blog

Membuat blog itu menurut aku mudah kok, seperti mudahnya membuat tulisan di microsoft word. Yang terpenting adalah isi dari blog seringlah di update, karena dengan informasi yang up to date akan banyak para pembaca maupun pencari informasi menggunakan mesin pencari seperti google dan bing untuk permasalahan mereka.

Baiklah dalam membuat blog pertama yang kita siapkan adalah E-Mail. Kenapa e-mail yang paling utama? karena email adalah alamat seseorang di dalam dunia internet, jadi kalo orang tidak punya e mail maka orang tersebut belum punya alamat di internet. Kedua bukalah situs penyedia blog seperti blogspot.com atau wordpress.com, karena dari kedua situs tersebut adalah penyedia blog terpopuler di Indonesia. Di situs yang telah kamu pilih tadi langsung registrasi atau mendaftarkan diri untuk membuat blog. Ketiga,  setelah anda ter registrasi di situs penyedia blog tadi anda tinggal modifikasi tampilan dari blog sesuai dengan keingingan. Untuk memodifikasi anda tinggal mengikuti perintah-perintah yang terdapat di blogspot maupun di wordpress. Ke empat, atau yang terakhir adalah isilah tulisan di blog Anda sesuai dengan keinginan Anda.

Sharring Ilmu Kamu

Sebagai orang yang beriman pasti tahu betul hadits tentang menuntut ilmu, mengamalkan dan memberikan ilmu kepada orang lain, untuk itu media blog inilah sharring ilmu itu bermanfaat sebagaimana hadits tersebut. Diskusikan tulisan yang kamu buat dan selanjutnya mintalah pendapat para ahli.

Demikian penjelasan sedikit tentang blog, semoga Anda berminat untuk membuat blog. Insya Allah swt akan memberi jalan kepada kita semua yaitu jalan yang lurus. Amien ya robbal ‘alamin.

Posted on 3 Juni 2011, in Uncategorized. Bookmark the permalink. 1 Komentar.

  1. Assalamualaikum wr.wb. Ini Pak Irfan Afandi ya, Wah Hebat !!! Ajarin saya donk pak, He,,, Thnkz ………..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: