Hasil Pompa Air Tanpa Listrik

IMG0552ASetelah ane berkesempatan mencoba rancangan pompa air tanpa listrik dengan menggunakan peralon ukuran yang besar. Pompa tersebut kami pasang dengan lem dan plastik steel sebagai perekat yang membuat tidak bocor semua sambungan peralon tersebut. Jadilah pompa yang siap kami uji coba di dekat parkir motor yang mana di sana ada sebuah penampung air yang di pendam di dalam tanah.

Tempat parkir lumayan luas sehingga leluasa untuk menguji pompa. Dengan bantuan rekan-rekan ane di siapkan pula kursi yang tinggi untuk meletakkan pompa, dikarenakan teori dari sang ahli bahwa lebih tinggi posisi tabung akan semakin baik dalam menyedot air dari sumber air. Langsung aja ane kasih video dan dokumen pada waktu uji coba.

 

Uji Coba Pompa air tanpa listrik dan berhasil

Deskripsi hasilnya adalah setelah ane dan rekan ane mengisi penuh tabung paralon dan pipa pengambilan sumber air selanjutnya di pasang di ketinggian sekitar 3 meteran untuk meletakkan tabung tersebut. setelah semua terposisi dengan baik langsung ane buka selang pembuangan air yang berwarna hijau dan alhamdulillah air mengalir. Mengalirnya tidak sekencang dari hasil pompa air listrik, di karenakan proses air yang keluar seuai air yang tersedot ke tabung paralong sehingga mengalir dikit demi sedikit.

IMG0553AIMG0554AIMG0555AIMG0556AIMG0557AIMG0558AIMG0559AIMG0560A

Kenapa mengalirnya tidak se kencang pompa air ?

1. Posisi tabung masih terlalu rendah jadi daya sedot air kurang.

2. Tabung peralon masih terlalu tipis sehingga apabila selang pembuangan air lebih besar maka tabung tersebut akan mengkerut dikit demi sedikit.

3. Terdapatnya sambungan yang masih kurang kencang / bocor kecil.

Solusi :

1. Posisikan lebih tinggi, kalo bisa lebih dari 4 meter.

2. Tabung di sarankan menggunakan pipa besi yang tebal sehingga tidak mengkerut dengan daya sedot tinggi.

3. Menggunakan klep yang lebih lembut di pipa pengambilan air dari sumber air.

itulah hasil dari uji coba pompa air tanpa listrik yang ane rancang, dan kami juga masih mencari solusi yang lebih berguna untuk membangun prototype pompa air tanpa listrik. Semoga membantu para pembaca semua, trims.

About these ads

Posted on 13 April 2012, in Opini, Tips dan Trik, Tutorial and tagged , . Bookmark the permalink. 24 Komentar.

  1. mantap info nya gan,,, :-)

  2. saya kok masih ragu dengan hasil itu, semoga ada lagi hasil yang real dan terbukti minimal bisa dipakai dalam jangka satu mingguan.

  3. Mampu bertahan berapa lama. soalnya saya telah mencoba beberapa kali hasilnya GAGAL. tolong dibuatkan lebih rinci mengenai ukuran paralonnya dll sehingga saya bisa mengujinya dirumah. thanks.

  4. paralonnya yang besar itu ukuran berapa inchi?

  5. paralonnya yang besar itu ukuran berapa inchi?

  6. pake tangki air aja skalian mas bro , tangki air yg model tabung gitu ukuran 500 liter,
    tempatin tangkinya yang tinggi sekalian, ya sekitar 4-5 meter gitu,
    bikin tutup tangki airnya rapet dengan kasih sealer cair, jangan di lem pake lem pipa karena lem pipa kalo dah kering mengeras, kalo sealer gitu keringnya jadi kaya karet gelang
    diameter paralon hisap = diameter paralon keluar.

  7. air yang keluar itu dari air dalam pipa, bukan air bawah yg disedot gan. coba air yang disedot dari ember saja biar nampak air terhisap apa nggak. Kalau agan berhasil bisa jadi doktor ini. Karena banyak mahasiswa dibimbing dosen belum ada yang berhasil. Secara teori bisa, praktek nol

  8. gue setuju dus,yg lu utarakan, itu air yg dlm pipa,:),secara teoritis harus dijabarkan dulu hukum gravitasi nya, bisa menarik air dari dalam dan keluar ,jgn lsg diload n bilang ok.karena air dalam sumur itu sifatnya statis,lain kalau dari sungai diambil msh ada energi potensial berdasarkan mxgxh…..

  9. ok trims masukannya.

  10. gagal maning..gagal maning…

  11. Ikut Saran kayaknya bagus lagi kalo di seri beberapa rangkaian tabung seperti gambar hingga beberapa set mungkin akan mempercepat arusnya / tabung besarnya volumenya ditambah agar berat air di tabung besar / gaya gravitasinya semakin besar.
    Kecepatan arus = ditentukan besarnya perbandingan Volume air di pipa hisap < dari pada pipa buang ( semakin besar volume air di pipa buang akan semakin kuat daya sedot nya

  12. apa sudah ada yang berhasil ?
    kalo ada tolong dong konfirmasinya.
    trims

  13. silahkan di coba dulu, makasih!

  14. aku baru berhasil semalaman aja,paginya mancing lagi. tak modif tambah pipa ke input diatas check valve

  15. dah jagan pada bingung para agan agan dan jangan emosi ea bagi yang mau buat kyak gitu anda mengukur ke dalaman sumur aja dan tinggix 2xlipat dari tinggi sumur baru bisa lancar dan penampungan lebih besar maka air yang di sedot makit byak dan kalu paralon x kecil maka airx yang keluar kecil paham gak gan kok ribet pakek akal lah

  16. cara kerja alat tersebut adalah memanfaatkan daya hisap,makanya tabung yang lebih besar akan lebih baik dan yang sangat penting adalah jangan sampe ada kebocoran sekecil apapun disetiap sambungan antara pipa hisap dan sambungan pipa ke tabung.jika ada kebocoran maka tidak akan bisa menghisap air dari sumur melainkan udara diluar tabung yang akan masuk terhisap.
    Selamat mencoba semoga berhasil,,,,

  17. Thanks bro atas masukannya.

  18. herdyantolalantu@gimail.com.ad

    hahaha.aku baru coba yapi??malu ah

  19. sya masih penasaran, dan saya mau cba tpi dlam skala kecil dlu contoh utuk kolam hias tanpa blower ….

    bagi yg berhasil mhon infonya

  20. ane udah cba menggunakan botol aqua, berhasil air bisa keluar tpi posisinya sejajar klo ane angkat botol aqua outputnya ga kluar

  21. leh saran.. tuk hindari tekanan udara di Outlet nya mungkin bs ditambah sistem katup air,,cr kerjane kebalikan dr pompa ini, input dr bawah out diatas, tabung katup bs pakai pipa 2″ 15cm cukup…

  22. saya telah mencoba sejak tahun 1986, sejak teknologi pompa gravitasi ini ditayangkan di TVRI….. tapi tidak berhasil….. dan sampai sekarangpun saya belum pernah menemukan yg sudah berhasil…. kalau anda berhasil….tolong tulis alamat lengkap dimana alat tersebut berada…. nanti saya akan kesana untuk melihat secara langsung….oke….

  23. om gabungkan sama kincir air dan dinamo buat energi listrik alternatif :)

  24. Silahkan hubungi Service and Information centre FIRMAN, distributor dan dealer dealer terdekat di kota anda untuk kebutuhan pompa air jenis apapun untuk dipakai di mana saja. Pompa FIRMAN telah ber – SNI, Terbukti Tangguh. http://PompaAirFirman.com/

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: