Pompa Air Tanpa Listrik

IMG0542ADalam keseharian pasti tentunya tidak lepas dengan air, mandi, minum, cuci, atau yang lain. Apalagi Kabupaten Banjarnegara merupakan daerah yang lumayan berlimpah. Dengan berlimpahnya air kita tidak mengetahui bagaimana mengolahnya secara benar. Memang ada daerah pada musim kemarau terjadi kekeringan. Kekeringan tersebut di akibatkan kurangnya pohon-pohon di sekitar lingkungan tersebut, yah akibatnya air kering.

Nah di sini ane pengen memberi semacam wawasan tentang bagaimana membuat pompa air tanpa perlu menggunakan listrik. Karena selama ini masyarakat masih ketergantungan dengan pompa listrik yang banyak di pasarkan di Banjarnegara. Kekurangan dari pompa listrik yaitu kalo kita tidak memungkinkan adanya listrik semisal di tengah sawah yang jauh dari aliran listrik, atau mungkin di daerah terpencil, atau malah apabila listrik mati. Hemmm pasti kita bingung bagaimana cara untuk membuat air yang ada sumur bisa kita naikan ke bak mandi atau ember. Ya bisa saja menggunakan timba ember.

Oke langsung saja kita kasih gambar bentuk dari pompa air tanpa listrik, lihat di bawah ya..

 

Pompa air tanpa listrikPompa air tanpa listrikPompa air tanpa listrikPompa air tanpa listrikPompa air tanpa listrikPompa air tanpa listrikPompa air tanpa listrikPompa air tanpa listrikPompa air tanpa listrik

dari gambar di atas ente pasti tau cara membuatnya kan? yang pertama adalah peralon ukuran besar untuk di jadikan tabung ukuran 1,5 m dengan di tutup dop. Selanjutnya buat lubang pada setiap dop peralon besar untuk di jadikan lubang masuknya air dan keluarnya air.

Kedua, setelah peralon besar tadi terpasang dop atas dan bawah, buat lobang di samping peralon besar yang berfungsi untuk pipa pengambilan air dari sumur atau sumber air. Jangan lupa pada pipa pengambilan air paling bawah harus terpasang klep liat pada gambar ya… !, di mana berfungsi untuk air yang berada pada pipa  pengambilan maupun tabung besar tidak mengalir ke sumur kembali, begitu kira-kira.

Intinya dari bentuk gambar di atas jangan sampai tabung tersebut bocor, karena bocor sekecil rambut berakibat fatal yaitu tidak jadi atau gagal. Makanya usahakan jangan sampai bocor, kalo bisa dalam pengeleman menggunakan plastic steel, isarplas dan isolatif peralon.

Kunci berhasilnya pompa air tanpa listrik tersebut :

1. Tabung tidak boleh bocor sedikitpun.

2. Menggunakan klep pada pipa yang nantinya di jadikan pengambilan air dari sumber air.

3. Antara pipa pengambilan dan pembuangan harus seimbang tidak boleh besar dan kecil, lebih baik sama ukuran pipanya.

4. Air yang di tabung harus benar-benar penuh. Angin yang masuk juga bisa jadi faktor kegagalan.

5. Tabung lebih besar lebih baik.

6. Terus mencoba jangan putus asa, karena penulis lebih dari 2x percobaan.

 

Hasil pembuatan pompa air di atas akan ane upload videonya, seperti apakah aliran air yang keluar dari pompa tersebut : apakah deras, mengalir seperti biasa, atau malah tidak mengalir?

Dalam pembuatan alat tersebut ane meminta pertolongan orang yang ahli dalam bidang pompa air yang berpengalaman, jadi Insya Allah keberhasilan akan terjadi.

Tunggu kabar selanjutnya, ! semoga bermanfaat bagi ente semua..

About these ads

Posted on 14 Maret 2012, in Opini, Tips dan Trik, Tutorial and tagged , , , , . Bookmark the permalink. 72 Komentar.

  1. Bagus……gmana hasilnya…udah bisa mancur kan airnya ?

  2. Gagal kan bos??? :(

  3. Berhasil, dan ada catatan :
    1. mengalir tidak sederas yang diharapkan.
    2. Tabung tidak bertahan lama,
    3. Tabung harus menggunakan bahan yang keras dan kuat,
    4. Hanya beberapa meter yang bisa di sedot,
    5. Klep belum seperti yang di harapkan, masih ada kebocoran
    6, thanks bro…!

  4. bisa gak minta gambar detailnya desertai ukuran paralon dll. saya ingin membuktikan soalnya selama ini saya gagal membuatnya. thanks

  5. ane gak punya gambar yang detil, tapi untuk paralon ukuran 200 (pokoknya di paralon ada tulisan angka 200). Tapi tidak bertahan lama karena masih kurang kuat. kalo pengen lebih kuat seperti yang ane sarankan di atas ye…

  6. ya udah gini aja. itukan ada 3 pipa
    1. Pipa utama ( diameter berapa dan panjang brp)
    2. Pipa inlet ( diameter berapa dan panjang brp)
    3. Pipa outlet ( diameter berapa dan panjang brp)

    dan mampu sampai kedalaman berapa meter dengan debit air berapa meter. Saya ingin sekali membuktikannya krn selama ini saya GAGAL terus. Mohon bantuannya.

  7. pipa utama paralon paling besar (200) panjang sekitar 2 meter
    pipa masukan dan keluaran 1,5″ panjang mengikuti sumber air
    dan kalo bisa lebih tinggi lebih bagus…! thnks

  8. GAGAL NIE

  9. Kira-kira kalau di buat pake slang kecil dan kaleng minuman 250 ml bisa gak, maksudnya dalam skala kecil. (untuk akua riyum)

  10. sumur punyaku dalem bgt 13 meter,
    kira2 bs gk y praktek pake itu,kan alatny kcil kliatannya lebi simpel,,
    kalo dl aq liat pny ttangga tmnku pipa 200 yg plg bsar itu dganti dgn galon air yg besar sprti tmpt pnympanan air yg biasanya ditaruh diatas,,tp caranya galon trsebut diisi air smpe penuh nuh,,jgn smpe brlubang sdikitpun bahkan sekecil apapun,,bru air dialirkan,setelah cukup lama dtunggu air itu mngalir trnyt emg air dlm galon gk abis2 karna otomatis air galon itu akan menyedot air sumur sndiri,

  11. cara penggunaanya gimana mas??

  12. cara penggunaannya gimana mas ????

  13. silahkan lihat bentuk dari foto yang ane upload di atas, nanti paham kok cara penggunaannya…. thanks ya

  14. yang perlu diingat adalah:
    1. masuk lebih besar daripada keluar (udah paten)
    2. pipa dari sumber atau dg sebutan lain, inlet atau intek, agar diberikan kebebasan untuk berflexibel, akan berfungsi untuk mengangkat air dg bantuan valve, dan ukuran yg bisa dipakai adalah, 1/4 dari permukaan dasar sumber sampai dg permukaan air sumber (bagi sumber yg dangkal) adalah margin ayunan, dan/atau gunakan perhitungan langkah ayun dari titik atas hingga titik bawah minimal 1,25m untuk ukuran 2″ pipa dan selanjutnya modifikasi ayunan menjadi 2 pipa sehingga menghasilkan air yg maksimal saling bergantian kemudian modif lg mekanismenya menjadi saling menguntungkan, padukan dengan kerja angin, atau potensial, atau magnet seperti pada jam gandul, kalau kurang dimengerti maka pahami dulu sistem langkah pada kendaraan bermotor dan system pompa. (SMK th pelajaran 2002 menurun msh ada pelajaran itu)
    3. tabung adalah berdiameter 3x lipat diameter pipa intek dg panjang atau tinggi 11/2 panjang langkah ayunan tadi (jika 1 ayunan, klo 2 ayunan berarti panjang yg sama diameter 2xlipat), dan usahakan posisi intek lebih tinggi dari exaus, artinya agar air tidak tuntas larinya, dan posisi terbaik intek pada tabung adalah berada 10cm dari titik atas tabung dan posisi terbaik exaus berada pada 5cm dari titik paling bawah dasar tabung yg fungsinya agar tabung bisa reservoir sebelum digunakan dan ada celah udara yang bisa digunakan untuk tekanan
    4. ujung tabung paling atas usahahkan ada valve pembuangan udara (lihat contoh tabung pompa listrik otomatis) yg berfungsi sebagai penghilang angin disaat kemasukan angin
    5. perbandingan pipa intek dan exaus adalah sebagai contoh: intek 2″ = exaus 1/2″
    6. 1m dari tabung dan pada pipa exaus harus ada keran yang terisolasi dan terhindar dari udara tekanan balik dan posisi lebih rendah dari tabung, dan lebih jauh tdk papa minim 1m, dan gaya yg digunakan gravitasi
    7. cek kembali kebocoran udara karena bocor akan menjadi stres bagi anda
    8.selamat mencoba
    9. 085736011984 CP saya atas nama kris
    10. terima kasih dan mohon dikoreksi pabila ada yg salah, saya mohon maaf

  15. Thank’s before aku akan mencoba untuk kolam minimalis ,tapi kira2 bisa gak ya,?

  16. ga jelas ente bung. yg ada menyesatkan. cara kerjanya aja ga jelas

  17. terima kasih bro dah mampir di blog ane. semoga bermanfaat buat ente agar selalu mencari ilmu tanpa kenal lelah.

  18. hasil karya masih di angan” dah berani di terbitkan di blog. buktikan dengan hasilnya.
    1. gambar detail beserta ukuran nya ya jelas?
    2. video rekaman hasil pompa yg dah berhasil menyedot air secara otomatis alami dah pasti air mengalir.
    3. syarat” kedalaman maksimla berapa meter?

    mas irfan yg terhormat…. kalo anda berhasil ungkapkan semua disini…jangan tanggung”… ok ok ok… semoga sukses

  19. rikane wis di coba dan berhasil ora?

  20. silahkan ente baca : http://moenyoek.wordpress.com/2012/04/13/hasil-pompa-air-tanpa-listrik/ nah di situ udah ane jelaskan, akan tetapi masih ada hal-hal yang perlu di kembangkan. terima kasih ente dah mampir di blog ane… salam kenal.

  21. kalo lem bagusnya pake apa y,?

  22. Di kedua dop ujung tabung dipasang pipa paralon utk air masuk dan air keluar, sementara ditengah tabung dipasang lagi pipa pakai valve utk menyedot dari sumber, apa maksudnya ?

  23. alhamdulilah,, ane nisa dari botol aqua untuk aquarium rumah ane

  24. pake tabung baja ukuran diametr 1 tinggi 2 m

  25. trims dah mampir di blog ane.

  26. Kami mendistribusikan dan menyuplai produk2 pompa air untuk keperluan industri. Dan Kami juga menyediakan asesoris/sparepart pompa air seperti Mechanical Seal, foot valve , impeller , motor dan banyak lagi produk lainnya yang berhubungan. Kami melayani pembelian eceran dan partai. Untuk penjualan dan penawaran harga harap hubungi http://trastisurabaya.blogspot.com/2012/10/contact.html

  27. Klo gua ganti tabung nya make drum bs ga???tau kebesaran???

  28. Jos Gandos Kotos Kotos

    ane malah tertarik sama komentar para pembaca gan -_-”
    tapi ane nyoba dirumah kok malah kelocoran ya gaan ?
    apa ane yang salah masang yaa ._.

  29. kalo yg mini gmn gan ??/ itu ketinggian .. bisa gk ya yg mini aja gitu dan sederhana .

  30. untuk melobangi samping ukurannya berapa cm dari atas maupn dari bawah.. trus berapa kedalaman air yang bisa di naikkan ? ma kasih

  31. yg banyak dilupakan dari proyek ini untuk pengeluaran (outlet) dari pralon harus dibuat Useal karena ketika air keluar udara diluar ngak masuk kembali yg menyebabkan pralon ngak vaccum (ngak bisa narik air dari sumur )

  32. mas bro…penasaran ni,kalau dibuat dalam skala kecil bisa beroperasi gk tu,,???misal nya buat akuarium gitu,,?!!!

  33. paralon diganti dg drum.

  34. saya pernah juga mencoba… berhasil tapi belum maksimal… karena pipa hisapnya saya menggunakan selang, dan bagi yang belum pernah nyobak gak usah coment deh…

  35. Sebaiknya tongnya pilih yang lebih besar,lebih baik bila pakai drum dan drumnya di letakkan di tempatkan di tempat yang lebih tinggi alias di buatkan menara,menaranya lebih tinggi lebih baik agar air yang keluar lebih deras.

  36. maaf pak insinyur sy bingung liat lobang di pipa atas disalurkan kemn? atau ditutup aja..trims..

  37. whoah this blog is magnificent i like reading your articles.

    Keep up the good work! You know, a lot of people are hunting round for this information, you could aid
    them greatly.

  38. Mantap gan postingannya. Mudah2an bisa membantu org2 desa.
    Cm boleh dong gan diterangkan detil kerjanya.
    maksud sy apa yg mendorong air itu mengalir keatas? Trims

  39. seande nya rralon di ganti dngan selang water pas bisa ngak mas tlong di kasih saran ya

  40. gimana cara kerjanya . apa harus isi air trlbih dahulu kedalam tabung tsb??

  41. bagus kalo pake drum plastik utk pengisapannya…posisi semakin tnggi semakin bagus…tidak bisa pake drum dr plat

  42. bedanya drum plastik dibuat lubangnya atas bawah hrs sejajar…lubang bawah sbg pembuangan,ats sbg pengisapan…pipa buang hrs lbh bsar dr pengisapan

  43. posisikan drum setinggi mgkn anda mampu…smkin tggi smkin bgus,,paling tdk 8 smp 10 mtr

  44. cara untuk mulai memompa gimana?? thx …

  45. Q t’trik skli gan dgn tmuan’y,
    Q punya problem kaya’y sederhana ja dh,
    Sawah ayahku sering kekeringan gara2 susah dapat air dri irigasi yg ada krn letak’y agak tinggi dan jauh dr sumber irigasi, tapi disebelah sawah itu ada air sungai yg tdk lgi mengalir, jaraknya hanya sekitar 2 m, permukaan air dgn sawah kira2 1,5 m aja,
    Nah kira2 ada solusi yg lebih mudah gk buat q? Truz klw boleh ni ye nnti gambar dan penjelasannya lebih rinci dan sederhana ja ya gan, maklum orang kampung, he he!!
    wah klo brhasil q bakaln trimakasih yg tak trhingga dh buat anda!!

  46. Oke trims atas komennya, salam kenal mas moeis. Di sini kami sedang uji coba pompa air tanpa listrik model yang lain. Semoga berhasil.

  47. ok bget it ngan!?

  48. boleh minta no tly gak mas irfan saya dari purwonegoro.trimakasih

  49. Fb kan ada, irfan afandi.

  50. Akbar ali ahmad

    yang bilang pompa tanpa listrik atau pompa tenaga gravitasi hoax dan gagal adalah orang yg tidak punya pengalaman dalam dunia yg sebenarnya pompa seperti ini sudah banyak oleh peternan ikan hias yg tidak punya basic pendidikan tinggi atau pedagang kecil eceran bensin pinggir jalan, tanya saja ke mereka bagaimana memindahkan bensin dari jerigen besar ke botol botol bensin atau tanya ke peternak ikan hias bagaimana memindahkan air dari kolam besar ke kolam kecil

  51. Oke thanks masukannya bro, salam kenal

  52. thanks bos.nyoba berhasil di kolam 2 meter,ada sedikit modif pipa inletnya, kasih model airlift jetpump,tenaga tambah naiknya. mau coba di sumur 9 meter, moga sukses

  53. Thanks bro, atas masukannya. Salam kenal ya…ane irfan bro

  54. coba tabung diganti galon aqua, diriku beberapa waktu lalu dah nyoba. awalnya jalan tapi trus ada udara masuk di sambungan atas galon ke pipa trus blong air di dalam galon. heheheee. ada masukan lain ga ya?

  55. Tlng pipa pengambilan air ukura berapa inc

  56. leh saran.. tuk hindari tekanan udara di Outlet nya mungkin bs ditambah sistem katup air,,cr kerjane kebalikan dr pompa ini, input dr bawah out diatas, tabung katup bs pakai pipa 2″ 15cm cukup…

  57. tidak bisa melawan hukum kekekalan bozz, tetap harus pake “tenaga” jika yang disedot air sumur…

  58. saya pertama mencoba pada tahun 1985 dan tidak berhasil…. dan sampai sekarang belum pernah saya lihat yg berhasil…. tapi saya masih penasaran ingin melihatnya…. maka dari itu kalau ada yg sudah berhasil….tolong tulis alamat lengkapnya…. saya pasti akan berkunjung untuk melihat secara langsung….. tapi air yg dihisap tidak usah dari sumur…cukup dari ember saja….kalau terbukti air di ember yg dihisap berkurang….itu tandanya berhasil….

  59. Mas Irfan…bisa ngak sumber air nya dr kolam ikan

  60. yang mana kolam ikan di maksud sy berupa tangki air 1000 ltr di belah dua……..

  61. Mojokerto pingin nyoba deh

  62. Menurut saya, ide anda mustahil diterapkan untuk sumur pada umumnya bro ,..

    kecuali permukaan air lebih tinggi dari ujung pipa outputnya
    misalnya posisi sumurnya berada di bukit untuk mengaliri rumah yang lebih rendah posisinya dari bukit (seperti menguras/mengisap bensin motor dengan selang melalui mulut tangki) , gunakan pompa siphon atau sistem pancingan seperti diatas pasti berhasil .

  63. alikartili@gmail.com

    maaf bukan maksud meragukan… tapi tolong upload video yang memperlihatkan volume air yang disedot dan dikeluarkan apakah volume nya sama? jika air yang disedot tidak berkurang artinya pompa anda tidak berhasil. trims….

  64. kedalaman sedotnya berapa meter gan/langsung dijeburkan ke,, dasar dumur,

  1. Ping-balik: Pompa Air Tanpa Arus Listrik | Alat Penghemat BBM

  2. Ping-balik: Cara Membuat Air Mancur Tanpa Pompa Listrik | Alat Penghemat BBM

  3. Ping-balik: Cara Membuat Air Mancur Tanpa Pompa | Alat Penghemat BBM

  4. Ping-balik: Cara Buat Air Mancur Tanpa Pompa | X Power Penghemat BBM

  5. Ping-balik: Cara Buat Air Mancur Tanpa Pompa | Penghemat Bahan Bakar Mobil | Penghemat Motor Matic Post

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: